2009-01-20

Diary Pejalan Kaki

Apakah Anda pulang dan pergi menuju tempat bekerja atau sekolah dengan berjalan kaki? Jangan malu, jangan sungkan, karena berjalan kaki adalah aktivitas yang membikin tubuh kita menjadi lebih sehat. Dengan berjalan kaki dapat membuat jantung kita sehat, dapat juga mengurangi kerusakkan yang diakibatkan oleh polusi udara/rokok terhadap jantung Anda.
Sebagai pejalan kaki adalah hal yang menyenangkan apabila terdapat trotoar yang bersih, rapi dan nyaman untuk berjalan. Kadang sekarang ini pejalan kaki jarang sekali menemukan trotoar yang layak pakai. Selain trotoar yang tak terawat dan rusak, banyak sekali trotoar dipakai ladang untuk mencari uang seperti pedagang kaki lima, pengemis, parkir motor dan sebagainya. Menggelar dagangan seenaknya dan menggunakan trotoar yang berlebihan oleh pedagang kaki lima, kadang jadi menganggu para pengguna jalanan trotoar. Para pejalan kaki sering mengalah dengan berjalan di bahu jalan raya, hal ini bisa saja mengakibatkan pejalan kaki terserempet atau tertabrak kendaraan yang melintas. Trotoar yang layak dan aman dipakai pejalan kaki sekarang ini sangat sedikit ditemui.
Kota-kota besar seperti Jakarta, Jogja, Surabaya dan lainnya merupakan kota tujuan para pencari nafkah seperti pedagang kaki lima. Di Yogyakarta misalnya ada salah satu trotoar yang nyaman, yang saling menguntungkan bagi pedagang kaki lima dan pejalan kaki. Pejalan kaki bisa menikmati jalan yang rapi, teduh dan nyaman. Sedangkan pedagang kaki lima bisa menjajakan dagangannya tanpa menganggu pengguna jalan trotoar. Malioboro adalah salah satu trotoar yang sukses sebagai simbiosis mutualisme, yang saling menguntungkan bagi pejalan kaki dan pedagang. Selain itu yang akoe liput adalah jalan Panembahan Senopati sebelah barat Taman Pintar Yogyakarta, trotoar ini telah dimanfaatkan dengan baik. Pedagang kaki lima berjualan dengan tertib dan rapi serta gerobak jualan yang seragam dan pejalan kaki bisa nyaman melintasi trotoar ini. Trotoar ini semakin enak dilewati pejalan kaki karena jalanannya yang teduh dipayungi pohon-pohon besar yang rindang.
Agar trotoar ini dapat awet dan selalu nyaman dipakai, haruslah ada perawatan yang dilakukan oleh instansi pemerintah daerah. Tetapi tak kalah penting seluruh aspek masyarakat seperti pejalan kaki, pedagang kaki lima, tukang parkir dan sebagainya turut menjaga dengan tidak merusak dan mengotori. Pedagang kaki lima pun harusnya selalu membersihkan tempat dagangannya setelah selesai berjualan agar trotoar selalu nyaman.

Buah putih buah bengkoang, dipetik di kebun bukan di taman.
Trotoar bersih dan rindang, jualan senang jalan pun nyaman.

Diary Pejalan Kaki Rating: 4.5 Diposkan Oleh: cakrukmania

2 comments:

  1. iya memang benar, trotoar milik&dipakai bersama2

    ReplyDelete


"Silahkan tuangkan komentar Anda pada Artikel ini"

Untuk menambah icon smile,Anda tinggal menulis kode icon. Bukan klik gambar icon.Terima kasih