"Benih Kacang"


Pohon beringin yang besar dapat memberikan tempat yang teduh dan sejuk bagi orang-orang dibawahnya yang sedang istirahat. Apakah Anda pernah tahu pohon beringin yang menjadi obyek wisata yang paling sering dikunjungi banyak orang? Di Alun-alun kidul Yogyakarta yang masih satu kompleks dengan wilayah Kraton Ngayogyakarto, tiap akhir pekan selalu ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun domestik.
Alun-alun kidul Yogyakarta selain terdapat obyek wisata seperti dua ekor gajah milik Kraton Ngayogyakarto, juga terdapat 2 buah pohon beringin besar yang umurnya sekitar ratusan tahun yang terletak di tengah-tengah alun-alun. Dua pohon beringin ini oleh kebanyakan orang sering disebut beringin kembar. Tempat ini berjarak 1 km dari Malioboro yang dapat ditempuh sekitar 20 menit.
Yang menjadi daya tarik wisatawan pada beringin kembar ini adalah masangin (masuk di antara dua beringin). Konon katanya apabila seseorang dapat dengan mudah masuk daerah antara pohon beringin kembar, salah satu keinginannya bakal terwujud. Hmm…kelihatannya mudah bukan? Eits…tunggu dulu, jarang-jarang sekali ada orang bisa melewati tantangan ini, yang ada malah berjalan beda arah dengan beringin kembar ini. Waktu yang paling ramai dikunjungi oleh para pengunjung adalah sore hari hingga malam hari. Tata cara melakukan masangin , yaitu :

1. berdiri lurus ke depan sekitar 25 meter dari beringin kembar tepatnya dekat dengan gedung Sasana Hinggil arah utara dari pohon beringin kembar.
2. mata dalam keadaan tertutup, ditutup dengan kain slayer, sapu tangan atau apa aja yang penting dapat menutup penglihatan.
3. badan harus diputar lebih dahulu 360 derajat berkali-kali.
4. setelah serasa cukup diputar-putar, arahkan posisi badan lurus ke depan dengan jalan tengah beringin kembar.
5. kemudian silahkan berjalan menurut feeling/perasaan tanpa bantuan orang lain.
Jika Anda sedang beruntung dapat melalui dengan baik dan dapat berada di tengah-tengah beringin kembar, Insya Allah keinginan Anda terkabul. Jika Anda sedang tidak beruntung, mungkin akan jadi bahan tertawaan teman Anda karena bisa-bisa salah arah, menabrak orang, menabrak pedagang kaki lima dan sebagainya. Apakah Anda tertarik?

“Adik yang baik rajin belajar, menimba ilmu biar pintar.
Coba tantangan di beringin kembar, salah jalan malah kesasar.”

Categories:

17 Responses so far.

  1. lulut says:

    Mau coba ah. Jadi malu,... orang jogja tulen tapi belum pernah masangin,...;)

  2. aku pernah kesana dan berhasil melewati 2x, seru juga

  3. chokichim says:

    @mbak lulut : he..he..(akoe ra mbatin ndeso lho)..yo besok kalo akoe mudik,akoe ajak wis..;)

    @lindung : wah berhasil 2x, keinginanya dikabulkan ga?..;;)

  4. nenoneno says:

    wah saya pernah denger dan liat di tivi, tapi belum pernah ke sana. hehe.. :D

  5. chokichim says:

    @nenoneno : besok kalo mo liburan, tancepin planning liburan ke jogja. truz ngerasain tantangan beringin kembar..selamat mencoba suatu saat nanti,awas jangan sampai nabarak=))

  6. ;)) gak berani nyobain, lom punya nyali, cuma suka ngeliatin orang2 ajah hehehe lucu kalo liat ada yg sampe nyasar menceng2 gitu jalannya

  7. rahmat says:

    wah,kayaknya menantang tuh.kapan2 klo ke jogja aku mau nyoba ah......

  8. jadul says:

    asiik tuh kayaknya..saya anak solo nih pengen coba, tapi ga tahu tempatnya:(
    dari jalan jogja-solo jauh ga?

  9. chokichim says:

    @jadul: dari jalan jogja-solo kamoe jalan lurus terus menthok sampe tugu jogja.ambil kiri lurus melewati malioboro-alun2 utara-pasar ngasem-alun2 kidul(beringin kembar)
    kalo binggung tanya pak polisi ya..ato minta dikawal sekalian:)):))

  10. Hajier says:

    Saya hanya bisa berputar-putar saja hehehe

  11. armita says:

    heheehhee,,,
    sempat mau nyoba,,tapi malu di ketawain ntar
    hehehee,,,ntar dah kpan" klo ke jogya lagi.. ;;)

  12. daydeck86 says:

    udah dicoba
    aku berjaya deh
    teman teman yang lain ngak berjaya tu

  13. Pengen nyobain ah
    penasaran :P

  14. wendy says:

    iya neh pengen nyoba kesana .... tapi ngak tau jalan nya .. saya dari bekasi .. lebaran nanti rencana nya mo jalan jalan ke yogya ... ada yang bisa bantu saya kah ?



    wendy kamal

  15. Anonim says:

    Aku malah dikerjain temen-temen, melenceng jauh banget dari beringin. :P

  16. Alhamdulilah sudah ngerasain.. :)

  17. Anonim says:

    Isya allah kalo ada waktu pengen nyoba ..... seru kali ya...

Leave a Reply


"Silahkan tuangkan komentar Anda pada Artikel ini"

Untuk menambah icon smile,Anda tinggal menulis kode icon. Bukan klik gambar icon.Terima kasih