2009-01-29

Tips berkendara motor

"Tertib lalu lintas adalah cermin budaya bangsa."
Kalimat di atas adalah ajakan dari pemerintah dan pihak yang berwenang kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya para pengguna jalan raya seperti pengendara motor untuk selalu tertib berlalu lintas. Sikap dalam berlalu lintas dan pengetahuan tentang rambu-rambu dan lalu lintas merupakan prinsip dasar keamanan saat mengendarai motor di jalan raya. Padahal tidak terlalu susah untuk dilakukan, tetapi masih saja sebagian orang tidak bisa menerapkan hal tersebut. Karena itu agar tidak terjadi sesuatu yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain seperti kecelakaan, para pengendara haruslah menjaga sikap berlalu lintas dan menaati peraturan lalu lintas.
Berikut ini langkah-langkah untuk menjadi pengendara motor yang baik yang bisa Anda lakukan:
1. Selain memerhatikan keadaan mesin, kesiapan mental dan fisik pun harus diperhatikan. Emosi yang sedang tidak stabil menyebabkan Anda tidak bisa konsentrasi, jangan paksakan untuk tetap berkendara.
2. Jangan mengendarai motor di saat Anda dalam kondisi sakit, ngantuk atau mengonsumsi alkohol, karena membuat Anda tidak fokus dalam perjalanan.
3. Gunakan perlengkapan bermotor seperti helm, jaket dan sarung tangan demi keselamatan berkendara Anda.
4. Hindarkan membaca atau ber-sms ria sambil berkendara, karena sangat berbahaya. Cobalah menepi terdahulu bila hendak ber-sms ria. Gunakan handsfree bila menerima panggilan telepon, atau lebih baik berhenti sejenak di pinggir jalan.
5. Mengendarai motor dengan batas kecepatan yang normal demi keamanan pribadi dan orang lain, yang juga bisa menghemat bahan bakar bensin Anda dengan tidak mengebut.
6. Selalu memperhatikan jalan, apakah di depan terdapat gundukan atau polisi tidur atau lubang di jalan. Menjaga jarak kendaraan Anda dengan kendaraan di depan Anda agar tidak terjadi tabrakan.
7. Gunakan kaca spion Anda bila ingin berbelok dan jangan lupa menyalakan lampu sein. Tidak melakukan gerakan zig-zag dalam berkendara dan memotong jalan secara mendadak, karena hal itu menganggu pengendara yang lain.
Semoga perjalanan dan berkendara aman, nyaman dan selamat sampai tujuan. Selamat mencoba..!


Salak pondoh dari Sleman, sekilo cuma ribuan.
Naik motor jadi aman, selamat sampai tujuan.

Tips berkendara motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: cakrukmania

12 comments:

  1. tips yang baik dilaksanakan,like me:D:D:$

    ReplyDelete
  2. kritik dikit boleh gak nih mas chokichim.....?
    kayaknya tipsnya kurang lengkap,ada yang kelupaan.Yang terpenting adalah harus membawa surat2 berkendara motor yang lengkap.Seperti SIM dan STNK jangan lupa dibawa saat kita bepergian dengan mengendara sepeda motor.iya kan.........?

    ReplyDelete
  3. @slamet: mas slamet,anda benar..by the way,boleh juga saran dari mas yg suka tourimg ini..makasich:D:D:s

    ReplyDelete
  4. wah cocok buat penggemar perjalanan jauh kaya aku nih

    ReplyDelete
  5. @sugeng:makasih mas sugeng
    bravo buat liverpool-nya:x:D:x

    ReplyDelete
  6. sayang ak gak bisa naik motor. biarpun naik sepeda yang penting sehat:$:$

    ReplyDelete
  7. @epen (pak guru):ho o biar badan kurusan dikit:))
    kayak akoe:f:?

    ReplyDelete
  8. tips yang bisa dicontoh

    ReplyDelete


"Silahkan tuangkan komentar Anda pada Artikel ini"

Untuk menambah icon smile,Anda tinggal menulis kode icon. Bukan klik gambar icon.Terima kasih